Abstract :
Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui manajemen layanan konseling
individu untuk meningkatkan penerimaan diri peserta didik berkebutuhan khusus
di SMP Negeri 3 Trimurjo Lampung Tengah. Jenis penelitian ini ialah kualiatif
deskriptif. Subjek penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, guru mata
pelajaran, dan peserta didik berkebutuhan khusus. Data yang diperoleh peneliti
melalui metode wawancara dan observasi ke subjek penelitian. Analisis data
menggunakan model miles. Pengujian keabsahan dapat dilakukan dengan cara
triangulasi teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan
layanan belum berjalan dengan optimal dikarenakan kurangnya persiapan
fasilitas untuk peserta didik berkebutuhan khusus. (2) Pelakasanaan layanan
dilakukan dengan memberikan motivasi yang berlandaskan nilai-nilai gama. (3)
Evaluasi pelaksanaan layanan dilakukan dengan pengamatan dan monitoring
oleh guru mata pelajaran. (4) Tindak lanjut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi
yang dilakukan dengan melaksanakan konseling lanjutan, home visit, dan alih
tangan kasus. (5) Laporan dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling kepada
pihak terkait dalam bentuk dokumen laporan bukan berbentuk foto.