DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KECAMATAN PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
fitrianingrum, nur siwi
Subject
Manajemen Pendidikan 
Datestamp
2022-03-18 03:24:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: (1) Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur; (2) Pengaruh Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur; (3) Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru SMA yang berjumlah 50 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif; (2) uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji homogenitas; (3) uji hipotesis meliputi uji signifikansi pengaruh parsial (Uji T), Uji Signifikansi Simultan (Uji F), Koefisien determinasi (R ), teknik analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai signifikansi 0,444, thitung sebesar 2,069 dan ttabel sebesar 2,012 yang berarti variabel Motivasi Kerja (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru (Y). Koefisien korelasi (R) sebesar 0,598 dan koefisien determinasi (R 2 ) yang disesuaikan sebesar 0,358 yang berarti bahwa motivasi kerja memberikan kontribusi 35,8% terhadap kinerja guru; (2) Budaya Sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru berdasarkan nilai signifikansi 0,042, thitung sebesar 2,092 dan ttabell sebesar 2,012. yang berarti variabel Budaya Sekolah (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Guru (Y). Koefisien korelasi (R) sebesar 0,599 dan koefisien determinasi (R 2 ) yang disesuaikan sebesar 0,359 yang berarti bahwa budaya sekolah memberikan kontribusi 35,9% terhadap kinerja guru; serta (3) terdapat pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja guru berdasarkan interpretasi koefisien korelasi yang dihitung dengan sebesar 0,651. Sedangkan kontribusi atau pengaruh secara simultan variabel motivasi kerja dan budaya sekolah terhadap kinerja guru adalah sebesar 0,603 atau 60,3%. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro