Abstract :
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan (1)
Efektivitas pembelajaran informatika pada Madrasah Aliyah Darul Ulum
Panaragan Jaya Tulang Bawang Barat Lampung (2) Hasil pembelajaran
informatika siswa melalui pengelolaan laboratorum komputer pada Madrasah
Aliyah Darul Ulum Panaragan Jaya Tulang Bawang Barat Lampung (3)
Kelemahan dan kelebihan pembelajaran informatika melalui pengelolaan
laboratorium komputer pada Madrasah Aliyah Darul Ulum Panaragan Jaya
Tulang Bawang Barat Lampung. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah
Darul Ulum Panaragan Jaya Tulang Bawang Barat Lampung menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan
cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga
tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian: (1) Efektivitas pembelajaran informatika pada Madrasah Aliyah Darul
Ulum Panaragan Jaya Tulang Bawang Barat, Lampung efektif dengan kategori
Baik (2) Hasil pembelajaran informatika siswa melalui pengelolaan laboratorium
Komputer pada Madrasah Aliyah Darul Ulum meningkat. Hal ini disebabkan oleh
adanya pengelolaan laboratorium yang baik pada sekolah tersebut. (3)
Kelemahan pembelajaran informatika siswa pada Madrasah Aliyah Darul Ulum
yaitu terletak pada sarana prasarana yang masih terbatas, sedangkan kelebihan
pembelajaran informatika melalui pengelolaan laboratorium yaitu pembelajaran
akan lebih efektif, siswa akan lebih paham jika pembelajaran informatika
dilakukan dengan praktikum di laboratorium Komputer.