Abstract :
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri, dan menjadi warga
negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pendidikan karakter
merupakan penciptaan lingkungan sekolah yang membantu siswa dalam
perkembangan etika, tanggung jawab melalui model, dan pengajaran karakter
yang baik melalui nilai -nilai universal.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan implementasi
kompetensi kepribadian guru kelas X SMKN 1 Raman Utara, mendeskripsikan
pembentukan karakter peserta didik di kelas X SMKN 1 Raman Utara dan untuk
mendeskripsikan implementasi kompetensi kepribadian guru dalam membentuk
karakter peserta didik kelas x SMKN 1 Raman Utara.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan 1). Observasi yaitu metode pengumpulan data dengan
mengadakan pengamatan serta pencatatan secara sistematis terhadap
kenyataan yang diselidiki meliputi kegiatan pemusatan perhatian terhadap
sesuatu objek dengan menggunakan pencatatan, pengamatan dan pencatatan
secara sistematik terhadap unsur-unsur yang tampak dalam suatu gejala atau
gejala-gejala dalam objek penelitian. 2) Wawancara, yaitu sebuah dialog yang
oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara. 3) dan
dokumentasi, yaitu digunakan untuk mendokumentasikan tentang proses
pembiayaan pendidikan serta untuk memperoleh data tentang berdirinya SMKN
1 Raman Utara, sarana dan prasarana, jumlah guru dan siswa di SMKN 1
Raman Utara.
Hasil penelitian diperoleh kompetensi kepribadian Guru dalam
membentuk karakter siswa di SMKN 1 Raman Utara Kabupaten Lampung Timur
sudah terlaksana dengan baik hal ini dibuktikan dengan guru-guru di SMKN 1
Raman Utara yang ikhlas mengajar dengan alasan sudah menjadi panggilan hati
dan karena lilahi ta?ala dan guru-guru di SMKN 1 Raman Utara mendidik serta
memberikan bimbingan seperti anak sendiri. Secara umum guru-guru Sekolah
SMKN 1 Raman Utara dinilai punya Kepribadian yang baik, guru mampu
menguasai kelas, melaksanakan pembelajaran dengan efektif dan mampu
memberikan contoh yang baik terhadap peserta didiknya. Kepribadianisme guru
berkorelasi dengan kualitas produk pendidikan.