Abstract :
Manusia adalah makhluk sosial sehingga sebagian besar dari
kehidupannya melibatkan interaksi dengan orang lain, dengan demikian
seseorang akan selalu berinteraksi satu sama lain. Guru perlu memiliki
kemampuan sosial dalam rangka pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kompetensi
sosial guru melalui fungsi manajemen seperti perencanaa, pengorganisasian,
pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif,
dengan sumber data 10 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
fenomenologi dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan manajemen
kompetensi sosial guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa
adalah melalui rapat antara kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan dan
komite sekolah yang di lengkapi dengan kegiatan utama antar guru, siswa dan
orang tua siswa.(2) pengorganisasian manajemen kompetensi sosial guru dalam
meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa berorientasi pada pembentukan
tim guru sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, (3) pelaksanaan manajemen
kompetensi sosial guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa
berorientasi pada pemahaman sosialisasi kepada siswa, guru dan orang tua
siswa.(4) pengawasan manajemen kompetensi sosial guru dalam meningkatkan
efektifitas pembelajaran siswa dilakukan melalui pengamatan harian oleh warga
sekolah, dan secara berkala melalui supervisi guru oleh kepala sekolah dalam
peningkatan efektivitas pembelajaran siswa.