Abstract :
Guru sebagai tenaga professional memiliki tugas mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan
formal. Kinerja guru menentukan keberhasilan peserta didik dalam menuntut ilmu dan
dipengaruhi oleh banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian untuk
mengetahui 1. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja
guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung. 2. Seberapa besar Pengaruh
komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro
Lampung. 3. Seberapa besar Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi
interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional dengan tujuan
mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu
dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas. Teknik sampling yang digunakan adalah
Proporsional Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru SMK
Muhammadiyah di Kota Metro Lampung sejumlah 66 orang.
Berdasarkan hasil perhitungan Model Summary maka didapat bahwa kepemimpinan kepala
sekolah (X1) diketahui R
= 0,704, berarti bahwa variabel kepemimpinan kepala sekolah
memiliki kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Komunikasi
interpersonal (X2) diketahui nilai R
2
= 0,704, berarti bahwa variabel budaya sekolah memiliki
kecenderungan sebesar 70,4% terhadap peningkatan kinerja guru. Secara bersama-sama di
ketahui nilai R
2
= 0,716, berarti bahwa variasi nilai variabel kinerja guru (Y) yang bisa
dijabarkan oleh model regresi adalah 71,6% dan selebihnya atau sebesar 28,4% variasi nilai
variabel kinerja guru (Y) dipengaruhi oleh variabel di luar model regresi. Ada pengaruh yang
positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK
Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Ada pengaruh yang positif
dan siginifikan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di
2
Kota Metro Lampung yaitu sebesar 70,4%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan
kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah di Kota Metro Lampung yaitu
sebesar 71,6%.