Abstract :
Peningkatan mutu pendidikan pada jenjang taman kanak-kanak menjadi
komitmen pemerintah yang harus diwujudkan secara nyata. Salah satu langkah
yang ditempuh pemerintah dengan meningkatkan kualitas guru, karena guru
adalah salah satu pilar tempat menentukan keberhasilan dari aktifitas pendidikan
yang harus diberikan perhatian, mengingat keberhasilan proses pembelajaran
sangat sulit tercapai apabila profesionalisme guru rendah. Dari hasil penelitian
yang peneliti lakukan berbagai masalah yang muncul di gugus RA.Kartini terhadap
profesionalisme guru antara lain: Minimnya sumber daya manusia yang dapat
diandalkan dari kegiatan yang berlangsung, Rendahnya animo para guru terhadap
program kerja yang disusun sehingga tingkat partisipasi menjadi rendah, Kegiatan
KKG secara signifikan belum dapat meningkatkan profesionalisme guru. Fokus
dalam penelitian ini adalah: (1) Peran kelompok kerja guru terhadap peningkatan
profesionalisme guru (2) Peningkatan kompetensi profesional melalui kelompok
kerja guru dan (3) Kendala dan solusi dalam meningkatkan profesionalisme guru
Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Kerja Guru Gugus RA.Kartini
Kecamatan Trimurjo,Kabupaten Lampung Tengah , tanggal 01 Oktober sampai
31 Maret 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 9 informan dengan teknik pengumpulan
data menggunakan metode wawancara dan observasi, Teknik keabsahan data
menggunakan triangulasi (metode dan sumber). Analisis data diperoleh dengan
menggunakan prosedur analisa data sebagai berikut: (1) Pengumpulan data
penelitian, (2) Reduksi data Penelitian, (3) Display data penelitian, (4) Verikasi data
dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Peran Kelompok Kerja Guru
Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional belum berjalan efektif, hal ini dapat
dilihat dari proses peran kelompok kerja guru yang belum maksimal. Jika
kelompok kerja guru sudah berjalan dengan baik akan sangat membantu
meningkatkan keprofesionalan guru yang akan berpengaruh kepada proses
kegiatan belajar mengajar yang bermutu.