Abstract :
Tujuan dari riset ini untuk mengetahui (1) Pengaruh kompetensi
pedagogik terhadap mutu pembelajaran (2) Pengaruh Profesional Guru
terhadap mutu pembelajaran (3) Pengaruh kompetensi pedagogik dan
profesional guru secara simultan terhadap mutu pembelajaran di Sekolah
Dasar Sekecamatan Metro Barat Kota Metro - Lampung.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang populasinya
ialah guru di Sekolah Dasar Sekecamatan Metro Barat Kota Metro Lampung
yang berjumlah 96 Guru (reponden) dari 9 Sekolah Dasar.
Pengambilan data menggunakan angket kuesioner, observasi, dan
wawancara, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan regresi linier berganda melalui uji parsial t dan uji simultan f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik
berpengaruh terhadap mutu pembelajaran dengan kontribusi secara parsial
nilai thitung sebesar 1,751 dan nilai t tabel sebesar 1,67, sedangkan
profesional guru berpengaruh terhadap mutu pembelajaran dengan
kontribusi secara parsial diperoleh nilai thitung sebesar 5,909 dan nilai t tabel
sebesar 1,67, dan secara simultan kompetensi pedagogik serta profesional
guru terhadap mutu pembelajaran dengan nilai nilai uji Fhitung sebesar
69,430 yang berarti > dari nilai F tabel 3,20.
Simpulan, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara kompetensi pedagogik dan profesional guru secara
simultan terhadap mutu pembelejaran di Sekolah Dasar sekecamatan
Metro Barat Kota Metro- Lampung.
Saran, agar dapat melakukan inovasi-inovasi yang baru dalam rangka
mewujudkan apa yang menjadi visi misi sekolah yang lebih baik dengan
meningkatkan penerapan teori belajar yang baik secara rutin guna
meningkatkan profesional guru secara menyeluruh di Sekolah Dasar
Sekecamatan Metro Barat Kota Metro Lampung.