Abstract :
Pendidikan karakter merupakan faktor penting dalam dunia pendidikan. Guru sebagai
tenaga pendidikan mempunyai fungsi dan peran dalam kedudukan yang strategis
sebagaimana diamanahkan pada Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam UUD 1945
pasal 31 UUD 45 hasil pasal perubahan yaitu ayat (3) Pemerintah mengusahakan dan
menyelengarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan
ketakwaan, serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang
diatur dengan undang-undang. Untuk menumbuhkan karakter yang baik pemerintah juga
telah menyelenggarakan sekolah ramah anak (SRA).Tujuan dan diselenggarakannya
sekolah ramah anak adalah untuk menciptakan sekolah yang terbebas dari diskriminasi,
dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman,nyaman dan bebas dari perilaku yang
buruk. Karena semua pihak bersinergi, saling mendukung dan memotivasi agar para siswa
memiliki karakter yang mulia. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen
pembelajaran sekolah ramah anak dalm peningkatan pendidikan karakter di SD Aisyiyah
Kota Metro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun fokus penelitian ini
adalah meliputi bagaimana manajemen pembelajaran sekolah ramah anak dalam
peningkatan pendidikan karakter di SD Aisyiyah Metro Kota Metro. Penelitian ini dapat
digunakan sebagai referensi dan masukan tentang pelaksanaan manajemen
pembelajaran sekolah ramah anak dan mencari solusi dalam peningkatan pendidikan
karakter di Sd Aisyiyah Metro Kota Metro sehingga peningkatan ini memungkinkan untuk
diimplementasikan di semua sekolah ramah anak. Hasil penelitian diperoleh data: (1)
Manajemen pembelajaran sekolah ramah anak dibuat dengan baik, ada tim yang
membantu kepala sekolah melakukan perencanaan pembuatan rencana pelaksanaan
pembelajaran bersama semua guru, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang
memuat unsur-unsur pemenuhan sekolah ramah anak yang mengacu pada standar
nasional pendidikan, kepala sekolah di bantu tim pengembang kurikulum membuat jadwal
kegiatan pembelajaran, jadwal pelaksanaan ulangan harian, ulangan tengah semester dan
ulangan kenaikan kelas. Laporan perkembangan kemampuan anak dibuat dalam bentuk
dokumentasi tertulis yang disampaikan kepada siswa, orang tua dan kepala sekolah (2)
Pelaksanaan penanaman pendidikan karakter dilakukan di sekolah dengan melibatkan
semua guru, serta tenaga kependidikan. Penanaman pendidikan karakter dilakukan
dengan memperhatikan unsur kenyamanan, keamanan, dan tanpa adanya unsur
kekerasan dalam pelaksanaannya. Tahapan yang dilakukan dalam penanaman
pendidikan karakter dilakukan secara bertahap. Penanaman pendidikan karakter
diintegrasikan dengan nilai-nilai Islami yang berbentuk pelaksanaan ibadah rutin di
sekolah.