Abstract :
Pemasaran produk merupakan salah satu kunci untuk memaksimumkan
tujuan usaha dalam menghasilkan laba. Pemasaran dikenal dengan dua tipe
yakni direct marketing dan digital marketing dalam upaya untuk mempengaruhi
keputusan konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan. Direct marketing
dan digital marketing dilakukan untuk mengenalkan dan mempromosikan produk
sebagai salah satu strategi pemasaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh direct
marketing dan digital marketing, terhadap keputusan pembelian (Studi Kasus
Usaha Spare Part Pada Cikal Motor Bandar Lampung).
Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif atau penelitian verifikatif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.
Objek dalam penelitian ini adalah direct marketing dan digital marketing, dan
keputusan pembelian. Kegiatan penelitian ini dilakukan di Cikal Motor Bandar
Lampung. Populasi penelitian adalah pelanggan Cikal Motor Bandar Lampung
dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah
menggunakan analisa kualitas data dan analisis regresi linier berganda dengan
program SPSS.