Abstract :
Masa pandemi covid-19, menyebabkan pembelajaran tidak dilakukan di
sekolah, melainkan pembelajaran dilakukan dalam jaringan (daring). Pembelajaran
daring merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara terpisah
menggunakan media online sehingga memerlukan alat komunikasi untuk
menghubungkan peserta didik dan pendidik. Banyak platform yang digunakan mulai
dari whatsapp, google meet, zoom, dan SPADA. Tujuan penelitian ini adalah, 1)
Untuk mengetahuui pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa PAI Universitas
Muhammadiayah Metro. 2) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring
mahasiswa PAI Universitas Muhammadiyah Metro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data
yang peneliti gunakan adalah metode wawancara, metode angket dan dokumentasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAI yang berjumlah 277
mahasiswa. Karena semester 7 sudah tidak ada mata kuliah yang ditempuh. sehingga
mahasiswa yang diteliti adalah 235 mahasiswa. Tekhnik sampling penelitian ini
menggunakan rumus slovin sehingga sampel yang digunakan adalah 70 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pelaksanaan pembelajaran daring
sudah dilakukan dengan baik melalui aplikasi SPADA, perencanaan pembelajaran
seperti mempersiapkan RPS sebagai sarana pembelajaran dan pelaksaan
pembelajaran yang dilakukan dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, evaluasi,
pengendalian, dan kegiatan penutup. 2) Hasil perhitungan diketahui r hitung adalah
0,652. Jika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi terhadap koefisien korelasi
berada pada interval antara 0,60 sampai dengan 0,80 yaitu kategori tinggi. Bila
menggunakan r tabel untuk n = 70 dan kesalahan 5% maka r tabel = 0,235, sedangkan
r hitung adalah 0,652. Dari hasil perhitungan bahwa r hitung > r tabel maka Ha
diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan pembelajaran daring PAI
UM Metro sudah dilakukan dengan baik yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti,
Evaluasi, pengendalian, dan kegiatan penutup yang dilakukan melalui SPADA. 2)
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,652 > 0,235. Maka
Ha diterima. Dengan demikian pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
pembelajaran daring bagi mahasiswa PAI UM Metro efektif.