Abstract :
Pendidikan merupakan aspek utama dalam pengembangan diri manusia dan
sebagai jembatan untuk meningkatkan pengetahuan pada diri peserta didik. Modul
merupakan bahan ajar yang berkenaan dengan suatu unit materi pembelajaran yang
dapat membantu dan memudahkan peserta didik ketika proses pembelajaran.
Metode pembelajaran berbasis CTL (Contextual Learning and Teaching) dapat
dikatakan sebagai sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakui dan
menunjukkan kondisi alamiah pengetahuan. Melalui hubungan di dalam dan di luar
ruang kelas, suatu pendekatan pembelajaran berbasis CTL (Contextual Learning
and Teaching) menjadikan pengalaman lebih relevan dan berarti bagi peserta didik
dalam membangun pengetahuan yang akan mereka terapkan dalam pembelajaran
kehidupan sehari-hari.
Tujuan penelitian pengembangan yaitu menghasilkan modul berbasis CTL
(Contextual Learning and Teaching) sebagai salah satu media pembelajaran yang
lebih efisien dan praktis. Buku saku digital biologi berbasis teknik mind mapping
memudahkan peserta didik untuk belajar secara mandiri, kapan dan dimana saja,
serta memudahkan guru dalam pembuatan bahan ajar yang lebih efisien dan praktis.
Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yang terdiri dari empat
tahapan pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate atau
diadaptasi akan menjadi model 4-P yaitu pendefinisian, perancangan,
pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan produk
yang dikembangkan, dengan cara validasi kepada beberapa ahli untuk mengukur
tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh berdasarkan komentar validasi ahli.
Data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket yang diberikan validasi ahli. Data
rekapitulasi validasi ahli materi yaitu 81,6% dalam kriteria ?Sangat Layak?. Validasi
ahli desain yaitu 82% dalam kriteria ?Sangat Layak?. Uji kelompok kecil yaitu 87%
dalam kriteria ?Sangat Layak?.
Berdasarkan hasil pengembangan modul berbasis berbasis CTL (Contextual
Learning and Teaching) pada materi ekosistem SMA Negeri 1 Punggur dapat
disimpulkan bahwa modul berbasis berbasis CTL (Contextual Learning and
Teaching) yang dikembangkan dikategorikan dalam tingkat ?Layak? untuk digunakan
dalam proses pembelajaran.