Abstract :
Berdasarkan temuan dilapangan peneliti menemukan bahwa faktor
lingkungan sekolah dan faktor fisiologis seluruh peserta didik dalam keadaan
yang baik, namun hasil belajar dari peserta didik pada ujian semester ganjil
masih banyak yang belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti
pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian
lapangan, dengan fator internal dan faktor ekstenal sebagai variabel bebas dan
hasil belajar sebagai variabel terikatnya. Dengan teknik penentuan sampelnya
adalah simple random sampling, sebanyak 56 peserta didik kelas X di SMA
Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Sebagai alat ukur digunakan 45 item kuisioner
dengan pengukuran skala likert dan dianalisis menggunakan regresi linier
berganda. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial) menunjukan nilai dari
pengaruh faktor internal terhadap hasil belajar yaitu thitung>ttabel (6,996>1,675),
dan nilai dari pengaruh faktor eksternal terhadap hasil belajar yaitu thitung > ttabel
(4,019>1,675). Sedangkan pada uji f (simultan) menunjukan nilai dari pengaruh
faktor internal dan faktor eksternal secara simultan terhadap hasil belajar yaitu
fhitung > ftabel (83,767 > 3,09). Dari perhitungan nilai R square kemampuan variabel
bebas dalam menjelaskan varians dari variabel terikat adalah sebesar 74,2%,
yang artinya faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh sebesar 74,2%
dalam meningkatkan hasil belajar.