Abstract :
anak-anak merupakan generasi masa depan yang perlu diberikan pendidikan
keagamaan serta pembinaan untuk mencapai predikat umat terbaik, pentingnya
pendidikan keagamaan sejak dini adalah untuk mencegah dan menghindari anak
dari kenakalan remaja, ditinjau dari proses komunikasi pendidikan merupakan
bagian dari komunikasi yaitu proses mengajar, yang melibatkan dua komponen
yang terdiri dari guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan.
Sekolah dasar muhammadiyah terpadu sendang agung merupakan salah satu
lembaga yang sangat peduli akan pendidikan agama islam sekolah ini memiliki
konsistensi dan eksistensi yang tinggi dalam berdakwah sejak 2015 hingga saat
ini.
Karena itu melalui penelitian ini penulis bermaksud mencari informasi bagaimana
strategi komunikasi guru SD Muhammadiyah Terpadu Sendang Agung dalam
menanamkan nilai-nilai islam, penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis
deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi mendalam yang
dilakukan peneliti kepada guru SD Muhammadiyah Terpadu Sendang agung,
analisis data menggunakan teori strategi komunikasi middliton yaitu kombinas
iterbaik darisemua elemen, komunilator, komunikan ,pesan, media, dan efek
yang dihasilkan.
Dari hasil penelitian mengenai strategi komunikasi guru dalam menanamkan
nilai-nilai islam di SD muhammadiyah terpadu sendang agung terhadap
penanaman nilai islam adalah dengan strategi melalui komunikator, pesan,
komunikan, media dan efek yang dihasilkan dari penanaman nilai-nilai islam.
Komunikator melalui kompetensi pedagogik dan profesional, pesan yang
disampaiakan berdasarkan Al-Qur?an dan Hadits, komunikan diharapkan dapat
lurusnya aqidah, termotivasinya ibadah dan menegerjakan amal ma?ruf nahi
mungkar, media yang digunakan guru dalam penyampaian pesan melalui tiga
tahapan yaitu qoul(perkataan),al-amal(perbuatan) dan qudwah hasanah(
contoh/tauladan yang baik) dan efek yang diharapkan dari penanaman nilai-nilai
islam yaitu dapat bertambahnya wawasan dan pengimplementasian dalam ibadah
harian.