Abstract :
Latar belakang penelitian, UD Bimo Dwi Karya merupakan salah satu pelaku
usaha dagang yang bergerak pada bidang tanaman hias. UD Bimo Dwi Karya merupakan
salah satu usaha menengah yang telah berdiri sekitar tahun 2000 dan sudah
dikenal di Pekalongan. Jumlah penjualan mengalami peningkatan pada
penjualan online, Penjualan online mulai dilakukan UD Bimo Dwi Karya pada
tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui apakah penerapan
digital marketing pada UD Bimo Dwi Karya Pekalongan Lampung Timur dapat
dilaksanakan dengan baik, (2) mengetahui strategi yang dilakukan untuk
penerapan digital marketing pada UD Bimo Dwi Karya Pekalongan Lampung
Timur. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
metode SWOT dengan jumlah responden yaitu manajer pemasaran dan
beberapa karyawan pada UD Bimo Dwi Karya yang berjumlah 5 orang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT
pada UD Bimo Dwi Karya, maka disimpulkan bahwa strategi pemasaran dengan
penerapan digital marketing yang dibuat hendaklah mempertimbangkan situasi
dan keadaan komunitas atau organisasi baik keadaan intern lingkungan itu
sendiri atau lingkungan mikro perusahaan, maupun keadaan ekstern yang biasa
disebut lingkungan makro perusahaan.