Abstract :
Penelitian difokuskan pada: Pengaruh Intellegence Quotient, Emotional
Intellegence, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha studi pada
Mahasiswa Manajemen FEB UM Metro. Tujuan yang hendak dicapai peneliti
adalah untuk mengetahui adanya pengaruh secara parsial dan simultan variabel
intellegence quotient, emotional intellegence, dan lingkungan keluarga terhadap
minat berwirausaha mahasiswa manajemn FEB UM Metro.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan
sampel sebanyak 50 mahasiswa Manajemen FEB UM Metro 2016. Uji
persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, linieritas dan homogenitas.
Pengujian model analisis koefisien determinasi (R
) dan menggunakan uji
hipotesis statistik. Kesimpulan dari hasil penelitian berdasarkan perhitungan
regresi linier berganda diperoleh hasil uji tadalah bahwa variabel emotional
intellegence (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat
berwirausha mahasiswa Manajemen FEB UM Metro, kemudian intellegence
quotient (XI) dan lingkungan keluarga (X3) tidak memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Manajemen FEB UM Metro.
Dari uji F diperoleh intellegence quotient, emtional intellegence, dan lingkungan
keluarga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat berwirausaha mahasiswa Manajemen FEB Um Metro 2016.