Abstract :
Video profil perusahaan ialah media elektronik guna menyampaikan
informasi yang lebih efektif untuk memperkenalkan sebuah lembaga dan
perusahaan. Lewat media inilah semua informasi dapat dengan mudah diterima
dan di cerna semua lapisan masyarakat. Ada beberapa tahap dalam proses
pembuatan video profil lembaga pendidikan, salah satu tahap penting adalah
proses editing. Editing adalah pengumpulan hasil dari proses pengambilan gambar
dan audio, kemudian diolah dalam suatu software, perangkat lunak atau aplikasi
editing video guna untuk menggabungkan potongan-potongan video dan audio
yang sesuai dengan isi cerita atau skenario yang dituliskan sebelumnya. Selain itu
fungsi editing adalah untuk memperindah video dengan menambahkan efek,
transisi, animasi dan color grading pada video tersebut sehingga dapat
menghasilkan video yang bernilai tinggi bagi pembuat atau bagi lembaga
pendidikan itu sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik editing pada
proses pembuatan video profil SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro tahun
2018. Penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif kualitatif adalah jenis
penelitiannya. Observasi dan wawancara adalah metode pengumpulan datanya.
Dari hasil penelitian tersebut, menunjukan teknik editing video yang
dilakukan oleh tim editor video profil SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan
Metro Tahun 2018 yang menggunakan teknik sederhana dalam pengeditan namun
pesan yang terkandung dalam video tersebut bisa sampai ke penonton dengan
baik. Proses editing menggunakan alat-alat bawaan yang ada di Adobe Premiere
Pro CC 2021 seperti cross dissolve, cross zoom, constant power, audio gain,
synchronize, motion graphics, rate stretch tool dan lumetri color.