Abstract :
Strategi dakwah adalah salah satu upaya untuk memediasikan
Islam sebagai sebuah sistem nilai dan ajaran kepada objek untuk
didakwahi (mad?u), yaitu untuk cara/metode yang dipakai da?i dalam
mengaktualisasikan keimanan/kepercayaannya sehingga mempengaruhi
mad?u meliputi cara berpikir, merasa, bersikap, dan bertindak dalam
semua aspek syariat Islam.
Dalam menerapkan dakwah Islam maka diperlukan strategi dakwah
agar dakwah yang dijalankan dapat terlaksana dengan maksimal,
Penelitian ini adalah untuk meneliti strategi dakwah Pimpinan Cabang
Muhammadiyah Metro Pusat dalam meningkatkan pemahaman kesilaman
anggota Muhammadiyah periode 2015-2020 dan apasajakah faktor
pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif yang menggambarkan, memaparkan dan melaporkan suatu
keadaan, serta menggunakan metodologi pengumpulam data, observasi,
dokumentasi dan wawancara.
Landasan kajian teori memfokuskan kepada strategi dakwah
dengan menjabarkan pengertian dakwah, jenis-jenis dakwah tujuan
dakwah, fungsi dakwah, serta menjabarkan strategi dakwah dengan
menjelaskan bentuk-bentuk metode dakwah dalam penerapan dakwah
islam yang dilaksanakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Metro Pusat.