Abstract :
Komunikasi dalam kehidupan sangat penting untuk menjalin hubungan dengan
orang lain. Kurangnya komunikasi dapat menyebabkan keterlambatan informasi dari satu
orang ke orang lain dan dapat menimbulkan kesalah pahaman. Oleh sebab itu, dibutuhkan
strategi komunikasi yang baik dalam memberikan informasi. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan pengurus masjid dalam upaya
memakmurkan Masjid Al-Isro Desa Karang Rejo Kecamatan Metro Utara.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Peneliti bertindak sebagai
pengumpul data penelitian. Data dalam penelitian diperoleh melalui metode wawancara,
dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di masjid Al-Isro desa Karang
Rejo Metro Utara dapat disimpulkan bahwa Upaya yang dilakukan oleh pengurus masjid
dalam memakmurkan masjid Al-Isro adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan.
Kegiatan-kegiatan yang diprogramkan seperti peribadahan (Sholat lima waktu), pengajian
rutin, TPA, Kegiatan di bulan Ramadhan, Peringatan Hari besar Islam, dan pengurusan
zakat dan infak. Untuk menyampaikan informas kegiatan yang dilakukan maka pengurus
masjid memiliki strategi komunikasi yang terdiri dari mengenali sasaran komunikasi yang
terdiri dari masyarakat dari usia anak-anak hingga dewasa dimana sasaran ini di
sesuaikan dengan jenis kegiatan masing-masing, pemilihan media meliputi media yang
digunakan adalah papan pengumuman, surat undangan, pengumuman langsung dan HP.
Mengkaji tujuan komunikasi sehingga masyarakat dapat menerima informasi dengan
tepat, dan memilih komunikator atau penyampai pesan yang memiliki tingkat
kepercayaan yang tinggi.