Abstract :
Pandemi covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk
pendidikan membuat pemerintah terpaksa menetapkan kebijakan baru yakni
pembelajaran dilakukan dari rumah untuk meminimalisir penyebaran covid-19.
Kebijakan yang ditetapkan tentunya membuat aktivitas pembelajaran tak lagi
sama dengan masa sebelum pandemi terjadi. Tujuan dari penelitian ini ialah 1.
Untuk mengetahui aktivitas pembelajaran pai di masa pandemi covid 19 2. Untuk
mengetahui kendala-kendala yang dirasakan guru dan siswa serta 3. Untuk
mengetahui solusi-solusi ada nya masalah ini.
Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan
ialah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisa
dengan cara memaparkan setiap data secara sistematis kemudian dilakukan
penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian 1. Aktivitas pembelajaran PAI menunjukkan
aktivitas berjalan dengan lancar meskipun menemukan sedikit kendala. 2. Kendala
pembelajaran daring ialah jaringan yang kurang mendukung aktivitas
pembelajaran daring beberapa siswa kesulitan menerima materi serta seringkali
anak merasa bosan sebab tidak berinteraksi langsung dengan guru maupun siswa
lain3 Solusi dari kendala dalam pembelajaran daring ialah pihak sekolah juga
orang tua menyiapkan sarana dan prasarana sebaik mungkin baik media maupun
jaringan internet agar aktivitas dapat berjalan dengan lancar.