Abstract :
Masa remaja merupakan masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa
untuk itu penanaman nilai-nilai religius sangat diperlukan agar mereka tidak
terjerumus pada perbuatan-perbuatan yang tidak diinginkan. Mengenai tujuan dari
penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program
mentoring di SMP IT Tunas Insan Cendekia. 2) Manfaat yang diperoleh siswa
dari kegiatan mentoring di SMP IT Tunas Insan Cendekia. 3) Faktor pendukung
dan penghambat pada pelaksanaan program mentoring di SMP IT Tunas Insan
Cendekia
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi adapun pengumpulan data yang peneliti
gunakan adalah metode wawancara dengan koordinator mentoring, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) kegiatan mentoring yang ada di
sana termasuk kategori krlompok mentoring. 2) banyak manfaat yang diperoleh
siswa dari kegiatan tersebut diantaranya : fungsi rehabilitative, fungsi edukatif dan
fungsi preferentif. 3) faktor pendukung meliputi : sarana dan prasarana yang
memadai, guru mentor yang mumpuni, dan kegiatan wajib sekolah. Faktpr
penghambat meliputi : kondisi pandemi, mentoring secara virtual, dan padatnya
jadwal guru mentor.