Abstract :
Minat konsumen yang berpindah dari pasar tradisional ke pasar digital
memunculkan bisnis ? bisnis baru yang berbasis digital. Hal ini juga
mendorong minat wiraswata untuk memulai berbisnis online shop pada
marketplace. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh citra
perusahaan, perceived benefit, dan kemudahan penggunaan terhadap minat
bisnis online pada mahasiswa manajemen FEB UM Metro 2016 di
marketplace shopee.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk
mengumpulkan data di lapangan dengan mengambil sampel dari suatu
populasi sebanyak 50 responden pada mahasiswa prodi manajemen FEB
UM Metro 2016. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji
linearitas dan uji homogenitas. Pengujian model analisi koefisien determinasi
(R
2
). Dan menggunakan uji hipotesis statistik. Berdasarkan hasil penelitian
dengan analisi linier bergandan dengan uji t diperoleh citra perusahaan tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bisnis online di shopee,
perceived benefit tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
bisnis online di shopee, sedangkan kemudahan kemudahan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat bisnis onlin di shopee. Dari uji F
diperoleh citra perusahaan, perceived benefit dan kemudahan penggunaan
secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat bisnis
online di shopee.