Abstract :
Keberhasilan pendidikan karakter mengisyaratkan pembelajaran tidak serta
merta dilihat dari persepektif ranah kognitif saja melainkan bagaimana
keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Di dalam pendidikan
karakter ada peserta didik dalam mengaktualisasikan nilai-nilai karakter di
masyarakat dalam upaya keikut sertaan pencegahan dan penanggulangan Covid19.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apa saja indikator nilai-nilai
pendidikan karakter siswa pada pembelajaran aqidah akhlaq di SMP
Muhammadiyah Boarding School Poncowati, 2) Bagaimana perkembangan
karakter siswa saat pandemi covid-19 di SMP Muhammadiyah Boarding School
Poncowati, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter
masa pandemic covid-19 di SMP Muhammadiyah Boarding School Poncowati.
Metode yang digunakan dalam jenis penelitian bersifat kualitatif lapangan.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpul di analisis menggunakan
metode berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai
pendidikan karakter yang dilaksanakan oleh guru akidah akhlak di SMP
Muhammadiyah Boarding School poncowati sudah dilaksanakan dengan baik.
Hal ini dikarenakan sebagaimana yang tercantum dalam RPP yaitu: nilai religius,
nilai disiplin, nilai tanggung jawab, dan nilai santun. Perkembangan karakter pada
siswa di masa pandemi covid-19 dapat berjalan dengan baik. Karena
perkembangan karakter dilakukan dengan cara guru memberikan lembar control
karakter positif. Faktor pendukung dalam pendidikan karakter di masa pandemi
covid-19 yaitu : Adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, adanya peran
orang tua, dan faktor lingkungan. Sedangkan Faktor penghambatnya yaitu faktor
dari dalam diri anak itu sendiri,lingkungan pergaulan yang kurang mendukung,
serta koneksi jaringan internet pada saat pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan
karakter yang dilaksanakan oleh guru akidah akhlak di SMP Muhammadiyah
Boarding School poncowati sudah dilaksanakan dengan baik. 2) Perkembangan
karakter pada siswa di masa pandemi covid-19 dapat berjalan dengan baik.
Karena perkembangan karakter dilakukan dengan cara guru memberikan lembar
control karakter yang positif. 3) Faktor pendukung dalam pendidikan karakter di
masa pandemi covid-19 yaitu: Adanya sarana dan prasarana yang mencukupi,
adanya peran orang tua, dan faktor lingkungan. Sedangkan Faktor penghambatnya
yaitu faktor dari dalam diri anak itu sendiri,lingkungan pergaulan yang kurang
mendukung, serta koneksi jaringan internet pada saat pembelajaran berlangsung.