Abstract :
Pelaksanaan dalam proses pembelajaran pendidik dituntut mengubah pola pembelajaran, tidak
hanya terfokus pada pendidik tetapi peserta didik juga harus berperan aktif, peserta didik dapat menafsirkan,
menerjemahkan, bekerja sama, atau menyatakan pendapat dengan percaya diri. Salah satu alternatif agar
pembelajaran mampu membuat peserta didik lebih aktif serta dapat mengungkapkan gagasannya yaitu
dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dalam proses kegiatan belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Think (Berfikir), Pair (Berpasangan), Share
(Berbagi) dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan afektif peserta didik pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan pendekatan kooperatif tipe Think (Berfikir), Pair
(Berpasangan), Share (Berbagi) di kelas X IPA MA Al-Fatah Lampung Selatan pada tahun 2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK
dilakukan dengan menggunakan dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu,
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif
yaitu untuk menjelaskan gambaran mengenai kondisi dengan cara menghitung presentase akhir siklus,
angket dan nilai. Sedangkan subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Al-Fatah Lampung
Selatan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa peningkatan kemampuan
afektif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Think (Berfikir), Pair
(Berpasangan), Share (Berbagi) dapat meningkatkan hasil uji soal dengan nilai diatas KKM yaitu 7,5
dengan minat belajar peserta didik yang tergolong tinggi dengan presentase 90 %.