DETAIL DOCUMENT
STRATEGI DAKWAH TAKMIR MASJID DALAM MEMAKMURKAN MASJID ABUDZAR AL-GHIFARI BATANGHARI LAMPUNG TIMUR TAHUN 2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
al munawar, syayit agil
Subject
Komunikasi Penyiaran Islam 
Datestamp
2022-03-30 01:35:24 
Abstract :
Masjid Abudzar Al-Ghifari yang didirikan di Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Dapat menjadikan jembatan baru bagi jamaah agar bisa bersosialisasi satu sama lainnya dan dapat meningkatkan iman dan taqwa jamaah. Karena sebelumnya jamaah jarang-jarang mengikuti shalat berjamaah atau tidak pernah mengikuti kegiatan masjid tetapi dengan adanya masjid yang memiliki fasilitas bagus, dalam perkembangannya jamaah merasa nyaman. Hal ini dapat dilihat dari semangatnya warga dalam usaha untuk memakmurkan masjid dengan mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan. Metode yang digunakan yang penulis adalah pendekatan kualitatif. pendekatan ini menghasilkan data deskriptif terkait strategi dakwah takmir dalam memakmurkan Masjid Abudzar Al-Ghifari Batanghari Lampung Timur. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah takmir dalam memakmurkan masjid yaitu dengan mengadakan kegiatan diantaranya kegiatan pembangunan melalui perawatan sarana dan prasarana serta penambahan sarana dan prasarana. Kegiatan Ibadah dengan mengadakan, shalat jum?at, shalat gerhana. Kegiatan Keagamaan di Masjid Abudzar Al-ghifari yaitu dengan mengadakan pengajian rutin dan kegiatan peringatan hari besar Islam. Pengajian rutin meliputi pengajian jumat malam sabtu, jum?at ba?da zuhur. Sedangkan kegiatan peringatan hari besar Islam yaitu dengan mengadakan peringatan hari raya qurban, muharram. Sedangkan kegiatan pendidikan yaitu dengan mengadakan pelatihan baca tulis Al-Qur?an. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro