Abstract :
Sebagian besar minat belajar PAI pada siswa SMA masih dalam kriteria
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penerapan
metode sosiodrama sebelum digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama
Islam, (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sosiodrama setelah
digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Untuk mengetahui
hasil dari penerapan sosiodrama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan (4) Untuk mengetahui apa saja kendala dan solusi penerapan Sosiodrama
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAIT Al Hidayah Pamenang
Tahun Ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode sosiodrama di Kelas XI SMAIT
Al Hidayah Pamenang untuk menjelaskan solat jenazah. Teknik pengumpulan
data pada hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan observasi
dan penyebaran angket minat belajar diperoleh hasil yang menunjukan perbedaan
minat belajar PAI.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan minat belajar dengan
menerapkan metode sosiodrama dalam pembelajaran PAI SMAIT Al Hidayah.
Metode sosidrama dalam pembelajaran terdapat beberapa kelebihan dan
kekurangannya masing-masing. Kekurangan penggunaan metode sosiodrama
dalam pembelajaran diantaranya adalah pesiapan yang cukup banyak, sedangkan
kelebihan pengunaan metode sosiodrama diantaranya belajar lebih bervariasi,
lebih menyenangkan dan tidak monoton sehingga siswa tidak mudah bosan.