Abstract :
Proses pembelajaran yang berkualitas, selain mengajarkan pada aspek
pengetahuan juga perlu adanya penanaman nilai-nilai moral atau nilai-nilai Islam
didalamnya. Integrasi nilai-nilai Islam sangat penting untuk diajarkan kepada
peserta didik pada sebuah mata pelajaran agar peserta didik mampu menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Tujuan dari penelitian ini
adalah menghasilkan media pembelajaran berupa modul berbasis STS (Science
Technology and Society) yang didalamnya terintegrasi nilai-nilai Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, pengembangan yang
dimaksud dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran modul
berbasis STS. Media yang dikembangkan berupa media pembelajaran modul
berbasis STS pada mata pelajaran biologi sub pokok bahasan sistem gerak.
Pengembangan media pembelajaran modul ini mengadopsi pada metode 4D
(Define, Design, Develop, Desseminate). Dalam penelitian ini, dilakukan
pengembangan media mengikuti langkah-langkah atau prosedur pengembangan
4D. Instrumen validasi dalam penelitian ini menggunakan angket dengan
pedoman skor menggunakan skala likert 1-5.
Berdasarkan uji validitas produk diperoleh bahwa modul yang telah
dikembangkan dalam penelitan ini secara materi telah layak digunakan sebagai
media pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 79% dan pada
aspek desain telah dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase
kelayakan sebesar 98,3%. Hasil uji coba produk kepada peserta didik
menunjukkan bahwa modul berbasis STS (Sains, Technology, and society) pada
materi sistem gerak dapat membantu peserta didik memahami materi dengan
persentase kemudahan sebesar 87%. Hasil penilaian guru terhadap modul
berbasis STS (Sains, Technology, and society) pada materi sistem gerak bahwa
modul ini layak digunakan dengan persentase sebesar 85%.