Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran
yang dilakukan PT. Bank Lampung KCP Simpang Pematang, Kantor Kas
Sidomulyo Pemda Mesuji dalam memasarkan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini
dilaksankan di PT. Bank Lampung Kantor Kas Sidomulyo Pemda Mesuji. Sumber
data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan penelitian Pustaka dan penelitian
lapangan, peneliti melakukan wawancara dan dokumentasi yang berkaitan erat
dengan masalah yang akan di teliti.
Dari hasil penelitian, maka strategi pemasaran yang dilakukan PT. Bank
Lampung KCP Simpang Pematang, Kantor Kas Sidomulyo Pemda Mesuji dalam
meningkatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yaitu menggunakan strategi pemasaran
5P dan analisis SWOT. Strategi tersebut dikembangkan dan dijalankan dengan
memanfaatkan fasilitas yang mendukung dengan membuat spanduk yang
dipasang dijalan-jalan umum serta dikantor cabang, kantor pembantu, dan juga
kantor kas. Bank Lampung juga membuat brosur yang berisikan KUR, yang
disebarluaskan ke masyarakat umum.