Abstract :
Hasil belajar siswa merupakan tujuan utama dalam kegiatan pembelajaran yang
dilakukan oleh guru dalam satuan pendidikan. Hasil belajar siswa merupakan
capaian belajar yang diperoleh siswa baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik.
Capaian atau keberhasilan belajar siswa yang mudah dilihat dalam waktu yang
relative singkat adalah capaian belajar secara kognitif yaitu dengan cara melihat
dokumen atau data capaian siswa melalui laporan hasil belajar. Penggunaan
media pembelajaran dan kompetensi pedagogik guru memiliki peran penting
dalam meningkatkan capaian atau hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan peneliltian dengan pendekatan kuantitatif dengan causal
comparative yang merupakan penelitian ex-post facto. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa,
pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa serta pengaruh
media pembelajaran dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa
di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Lampung. Aanalsis data
penelitian menggunakan analysis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi
SPSS. Dari hasil pembahasan diperoleh simpulan terdapat hubungan postif media
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, tidak terdapat hubungan positif
kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa serta tidak terdapat
hubungan positif media pembelajaran dan kompetensi pedagogik guru terhadap
hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur Lampung.