Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dalam
meningkatan jumlah penjualan kopi ASSA di Lampung Tengah. (Studi Kasus
Home Industri Kopi Assa Di Lampung Tengah).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara pada
Home Industry Kopi ASSA dengan informan, yaitu pemilik home industry kopi
ASSA dan dokumentasi. Alat analisis yang Data yang telah didapatkan,
kemudian diolah dan dianalisis. Hasil dari pengolahan dan analisis data
digunakan untuk merumuskan strategi. Analisis data dilakukan melalui analisis
deskriptif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa faktor internal dan eksternal home
industry kopi ASSA mempunyai banyak peluang dan kekuatan seperti, kualitas
kopi yang memiliki banyak varian, mempunyai lokasi yang strategis, budaya
ngopi masyarakat, ketersediaan bahan baku dan teknogi zaman yang makin
maju. Namun juga memiliki kekurangan dan kelemahan yang dalam
pemasarannya dikarnakan masih belum maksimal dalam manajement dan
oprasionalnya yang menyebabkan lamban dalam mencapai targetnya ,modal
pribadi, tidak adanyakerjasama bisnis dan investasi pemolik modal dan
pemerintah, banyaknya pesaing produsen kopi baru, dan tidak adanya izin
produksi dan produk . Hal tersebut membuat home industry kopi ASSA harus
menyiapkan dan merumuskan strategi untuk mampu mensiasati ancaman dan
kelemahan dengan memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada memalui
pendekatan analisis SWOT. Rumusan strategi yang digunakan seperti,
mempertahankan harga yang ditetapkan dan meningkatkan kualitas produk,
meningkatkan promosi dan distribusi, dan melakukan kerjasama dan
meningkatkan kualitas teknis untuk membangun dan mengembangkan usaha.