Abstract :
Media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar mempunyai arti
penting. Namun media pembelajaran masih jarang ada atau digunakan. Tujuan
dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media
pembelajaran booklet terintegrasi nilai islam materi permintaan dan penawaran
kelas X yang valid dan praktis. Booklet dikembangkan sesuai dengan sistematika
dan standar kriteria kelayakan media pembelajaran.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dan
menggunakan model 4D. Proses untuk menghasilkan booklet terintegrasi nilai
islam melalui beberapa tahapan validasi yakni oleh ahli media, ahli materi dan
ahli agama. Kemudian produk yang valid diujicobakan kepada kelompok kecil
peserta didik kelas X IIS 4 MA Al Muhsin Metro serta untuk mengetahui
kepraktisan produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa booklet terintegrasi nilai islam ini
layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi
media diperoleh 94% dengan kriteria sangat kuat. Selanjutnya validasi materi
sebesar 80% dengan kriteria kuat atau valid. Kemudian validasi ahli agama
sebesar 84% dengan kriteria sangat kuat atau sangat valid. Dan hasil data
respon peserta didik sebesar 93,85% dengan kriteria sangat baik dan dinyatakan
sangat praktis.