Abstract :
Media pembelajaran merupakan salah satu sumber belajar untuk
membantu proses belajar mengajar. Untuk memberikan bekal kepada peserta
didik maka diperlukan pembelajaran IPS yang inovatif, menarik dan
menyenangkan bagi peserta didik. Hasil prasurvei yang dilakukan di SMP Negeri
3 Sekampung khususnya di kelas VIII.3 yang berjumlah 32 peserta didik pada
mata pelajaran IPS, peserta didik cenderung diam dan kurang aktif dalam
mengikuti pembelajaran hal tersebut dimungkinkan karena guru kurang
bervariasi dalam penggunaan metode. Maka diperlukan pembelajaran yang
kreatif, menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik, yaitu penerapan
pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media brosur untuk
meningkatkan hasil belajar peseta didik mata pelajaran IPS Terpadu. Tujuan dari
pengembangan ini adalah untuk mengetahui pembelajaran problem based
learning (PBL) menggunakan media brosur dapat meningkatkan hasil belajar
peseta didik mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 3 Sekampung.
Penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan menggunakan dua siklus yang
setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa
Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media brosur
pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar peserta didik yang mengalami
peningkatan setelah diadakan tindakan siklus I dan II. Sebelum diadakan
penelitian nilai rata-rata siswa sangat rendah yaitu sebanyak 15 peserta didik
belum tuntas, sedangkan 17 peserta didik tuntas belajar. Hasil belajar peserta
didik pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas 90 dan
daya serap klasikal 87,5% dan dengan kriteria tuntas belajar sebanyak 28
peserta didik.