Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Seberapa besar Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. 2) Seberapa besar Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. 3) Seberapa besar Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Pelatihan Kerja secara bersama-sama Terhadap Kinerja Guru SMK Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. penelitian ini menggunakan penelitian Ex-Post Facto atau pengukuran sesudah kejadian. Artinya penelitian ini mengungkap data yang telah ada tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi variabel penelitian, melainkan mengungkap fakta berdasarkan pengukuran yang telah ada pada responden. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMK Di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur sebanyak
70 guru terdiri dari 32 guru SMK Negeri 1 Pekalongan dan 16 guru SMK Minhajut Thulab dan 22 SMK Wahid Hasyim Ma'arif NU 05. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional cluster random sampling atau acak. lnstrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitasnya. Teknin pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket/ kuisioner dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung positif Manajerial Kepala Sekolah (X1) terhadap Kinerja Guru (Y), terdapat pengaruh lansung positif pelatihan kerja guru (X2) terhadap Kinerja Guru (Y)., terdapat pengaruh positif manajerial kepala sekolah (X1) dan pelatihan kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y).