DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT ACTIVE LEARNING BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 2 SEKAMPUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
ANGGREANI, VIA
Subject
Ilmu Ekonomi 
Datestamp
2022-11-07 03:00:50 
Abstract :
Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif (active learning) berbasis problem solving dalam penelitian ini adalah pertama kegiatan pembelajaran pendahuluan, dimana guru menyiapkan bahan ajar yang menarik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sekampung. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis quasi eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 65 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas X IPS 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPS 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel adalah bagian dari populasi. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro