Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keputusan pembelian yang merupakan
sebuah keinginan konsumen pada suatu produk, maka konsumen akan mencari
tahu sebanyak mungkin informasi mengenai produk tersebut, biasanya tentang
harga, lokasi, kualitas, dan pelayanan. Dari beberapa pertimbangan tersebut,
akan dijatuhkan pilihan pada suatu produk yang dapat menutupi kebutuhannya.
perasaan senang atau kecewa seseorang terhadap performa produk atau
jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, dan yang merupakan awal dari sebuah
pencapaian keputusan pembelian dipertimbangkan dengan aspek dalam
menentukan keputusan, dimana alternatif yang dipilih lebih menguntungkan bagi
konsumen tersebut, maka keyakinan dan kemantapan akan keputusan membeli
produk tersebut akan timbul.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data, serta mengetahui
pengaruh price, online customer review dan online customer ratingterhadap
keputusan pembelian pada produk online shopee.id. Popoluasi didalam
penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah metro. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu
Accidental Sampling dengan menggunkan rumus proporsi binominal dan
didapatkan sempel sebesar 70 orang responden Mahasiswa Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Muhammadiyah metro.
Pengujian persyaratan instrument yang digunakan meliputi uji validitas
dan uji reliabilitas. Uji normalitas liliefors, uji homogenitas, uji linieritas dan
keberartian regresi sebagai pengujian persyaratan analisis SEM (Structural
Equation Modeling) dan teknik analisisdata yang digunakan adalah SEM
(Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil penelitian dengan
menggunakan analisis SEM(Structural Equation Modeling), diperoleh price tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, review berpengaruh terhadap
keputusan pembelian, rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian, price
tidak perpengaruh terhadap rating, serta review berpengaruh terhadap rating.