Abstract :
ABSTRAK
Septy Afdelia Rohmah. 2024. Analisis Strategi Pengembangan Usaha
Pada Keripik Pisang Dwi Putra Dengan Pendekatan SWOT Di Kabupaten Tulang
Bawang Barat. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Ratmono, S.E., M.M. (2)
Durotun Nasikah S.E., M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan usaha
yang tepat dan dapat diterapkan bagi pengembangan usaha keripik pisang Dwi
Putra, alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan oleh usaha keripik pisang
Dwi Putra. Serta untuk mengetahui apakah analisis SWOT dapat meningkatkan
pengembangan usaha keripik pisang Dwi Putra. Pada penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kuantitatif, kemudian sampel pada penelitian ini
adalah menggunakan random sampling yaitu sampel yang digunakan oleh
peneliti apabila populasi dari sampel yang diambil merupakan populasi
homogeny yaitu mengandung satu ciri saja. Dengan demikian penulis mengambil
sampel yaitu satu pemilik usaha, manajer, tiga karyawan dan tiga konsumen.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.
Berdasarkan hasil pembobotan faktor internal dan eksternal dapat
disimpulkan bahwa total skor yang diperoleh dari faktor internal yaitu 3,082,
sedangakan skor faktor eksternal yaitu 2,799. Berdasarkan diagram analisis
SWOT posisi strategi pengembangan usaha keripik pisang Dwi Putra berada
pada kuadran I, maka strategi yang difokuskan bagi pengembangan usaha yaitu
menggunakan strategi S-O yaitu strategi yang menggunakan seluruh kekuatan
internal pada usaha untuk memanfaatkan berbagai peluang eksternal, artinya
organisasi dalam kondisi prima namun menghadapi sejumlah tantangan berat
sehingga diperkirakan roda organisasi akan mengalami kesulitan untuk terus
berputar bila hanya bertumpu pada strategi sebelumnya.
Dengan meningkatkan dan memperkuat jaringan pemasaran, Memperbaiki
sistem manajemen usaha, Mengupayakan ketersedian bahan baku utaman
dengan kontinu, Melakukan efesiensi bahan produksi, Melakukan
mengembangkan atau diversifikasi produk untuk menghadapi barang subtitusi
yang tinggi, dan Memperluas daerah pemasaran agar konsumen lebih mengenal
keriping pisang Dwi Putra.