Abstract :
Media pembelajaran berperan penting dalam proses komunikasi antara guru dengan peserta didik secara optimmal. Namun media pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta adanya revolusi industry 4.0 semakin mendorong berbagai upaya untuk memanfaatkan teknologi, dangan adanya hal
tersebut dapat mendorong pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih variatif dan inovatif.
Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkanmedia E-comic berbasis android sebagai media pembelajaran pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal
kelas xi sma paramarta 1 seputih banyak yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan menggunakan R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Proses untuk mengembangkan E-comic diawali dengan tahap validasi oleh 2 ahli media, 1 ahli materi. E-comic juga diuji cobakan ke kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak.Hasil penelitian mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi dari ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 91,2% dengan krikteria sangat kuat, hasil
penilaian oleh ahli materi dengan persentase 91,4% dengan krikteria sangat kuat, dan hasil pengujian secara daring dengan kelompok kecil yaitu 10 orang dari 30 orang
peserta didik dengan persentase 88% termasuk dalam kriteria Sangat Kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh maka E-comic dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan
sebagai media pembelajaran.