Abstract :
tournamen (TGT), Hasil Belajar Ekonomi.
Model pembelajaran kooperatif Everyone is teacher (ETH) merupakan model
pembelajaran setiap orang adalah guru menjadikan peserta didik mengungkapkan pendapat
nya lewat kertas soal yang di dapatkan, Sedangkan Teams games tournamen (TGT)
merupakan model pembelajaran yang menekankan kepada kerja sama tim (berkelompok)
dalam grup dan di berikan game pada saat proses pembelajarannya. Dalam proses
pembelajarannya model pembelajarannya tersebut membentuk sebuah kelompok yang
berjumlah 3-4 kelompok.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian yang akan dilakukan oleh
peneliti yaitu ? masih banyak peserta didik yang belum tuntas terhadap hasil belajar ekonomi
kelas X SMA Negeri 1 Melinting Pada Tahun Pelajaran 2018/2019?. Dari permasalahan
tersebut maka peneliti ingin menggunakan model pembelajaran di proses pembelajaran
dengan menggunakan model Everyone is teacher (ETH) dan Teams games tournamen
(TGT), rumusan masalah dalam penelitian ini adalah? apakah ada perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan model pembelajaran Everyone is teacher here (ETH) dan model
pembelajaran Teams games tournamen (TGT) di kelas X SMA Negeri 1 Melinting Tahun
pelajaran 2018/2018.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Quasi Exsperimental), dengan
bentuk desain exsperimen yaitu dengan bentuk Non-Equivalent Control Grop Design. Pada
desain ini kelompok kelas eksperimen I yaitu kelas X IPS 1 dan kelas eksperimen 2 yaitu
kelas X IPS 2.