Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai Peran Ekonomi Kreatif
Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang pada Pasar Yosomulyo Pelangi
(PAYUNGI) Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 29 orang yaitu Pengurus, Pedagang dan
Pengunjung Payungi. Untuk dapat memperoleh data yang benar dan akurat
sehingga mampu menjawab pertanyaan penelitian, maka teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan
wawancara. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif dengan mengacu pada konsep, yaitu interaktif model
yang mengklarifikasikan analisa data dalam tiga langkah yaitu, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Peran
Ekonomi Kreatif pada Pasar Yosomulyo Pelangi (PAYUNGI) Kota Metro sangat
berperan.