Abstract :
Pengetahuan atau edukasi yang kurang, membuat masyarakat kurang
memahami tentang jasa keuangan syariah. Ditambah lagi dengan promosi yang
kurang optimal, dan kurang luas. Pelayanan yang juga tidak ditingkatkan akan
menghambat perkembangan kemajuan usaha. Berhasilnya suatu produksi jasa,
akan sangat bergantung dari bagaimana nasabah menilai yaitu dari rasa percaya
yang telah terbentuk. Jika nasabah sudah menaruh kepercayaan pada suatu
perusahaan, maka nasabah tersebut sulit untuk berpindah ke lembaga keuangan
lain, sehingga dapat saling menguntungkan kedua belah pihak, yaitu lembaga
keuangan dengan nasabahnya.Maka, penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui
pengaruh edukasi masyarakat terhadap kepercayaan nasabah untuk menabung
di BMT KJKS Al ? Falah Batanghari, (2) Mengetahui pengaruh promosi produk
terhadap kepercayaan nasabah untuk menabung di BMT KJKS Al ? Falah
Batanghari, (3) Mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepercayaan nasabah
untuk menabung di BMT KJKS Al ? Falah Batanghari. Jenis penelitian ini
merupakan riset kuantitatif, dengan metode sampel atau kuisioner. Sampel yang
diperoleh dengan cara accidental sampling memperoleh sebanyak 50 responden.
Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda
melalui uji parsial t, uji f dan koefisien determinan R
2
. Berdasarkan koefisien
regresi linier berganda, variabel edukasi masyarakat, variabel promosi produk
BMT, dan variabel pelayanan memberikan kontribusi positif terhadap terhadap
variabel kepercayaan.