DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DOMESTIK PADA WISATA PANTAI SARI RINGGUNG DI KABUPATEN PESAWARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Metro
Author
Prayogo, Agung
Subject
Manajemen 
Datestamp
2021-09-07 03:44:59 
Abstract :
Berdasarkan temuan lapangan didapatkan permasalahan yang terjadi adalah menurunnya tingkat kunjungan wisatawan di Pantai Sari Ringgung pada hari-hari kerja, dan kurang suksesnya peningkatan obyek pariwisata dikarenakan promosi yang belum efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan dan promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan domestik Pantai Sari Ringgung di Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian explanatory survey, dan iklan dan promosi sebagai variabel bebas dan tingkat kunjungan wisatawan domestik sebagai variabel terikatnya. Teknik penentuan sampelnya adalah accidental sampling, sebanyak 73 pengunjung yang ditemui pada saat penelitian. Sebagai alat ukur digunakan 60 item kuisioner dengan pengukuran skala likert dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial) menunjukan nilai dari pengaruh iklan terhadap tingkat kunjungan wisatawan yaitu t hitung (1,673>1,669), dan nilai dari pengaruh promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan yaitu t hitung >t tabel (2,606>1,669). Sedangkan pada uji f (simultan) menunjukan nilai dari pengaruh iklan dan promosi secara simultan terhadap tingkat kunjungan wisatawan yaitu f hitung > t tabel > f tabel (11,284 > 3,737). Dari perhitungan nilai R square kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians dari variabel terikat adalah sebesar 63,5%, yang artinya terdapat 36,5% varians variabel terikat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Metro