Abstract :
Berdasarkan temuan lapangan didapatkan permasalahan yang terjadi adalah
menurunnya tingkat kunjungan wisatawan di Pantai Sari Ringgung pada hari-hari
kerja, dan kurang suksesnya peningkatan obyek pariwisata dikarenakan promosi
yang belum efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
iklan dan promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan domestik Pantai Sari
Ringgung di Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Dengan jenis penelitian explanatory survey, dan iklan dan promosi sebagai
variabel bebas dan tingkat kunjungan wisatawan domestik sebagai variabel
terikatnya. Teknik penentuan sampelnya adalah accidental sampling, sebanyak
73 pengunjung yang ditemui pada saat penelitian. Sebagai alat ukur digunakan
60 item kuisioner dengan pengukuran skala likert dan dianalisis menggunakan
regresi linier berganda. Metode pengumpulan data dengan observasi,
wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan uji t (parsial)
menunjukan nilai dari pengaruh iklan terhadap tingkat kunjungan wisatawan yaitu
t
hitung
(1,673>1,669), dan nilai dari pengaruh promosi terhadap tingkat
kunjungan wisatawan yaitu t
hitung
>t
tabel
(2,606>1,669). Sedangkan pada uji f
(simultan) menunjukan nilai dari pengaruh iklan dan promosi secara simultan
terhadap tingkat kunjungan wisatawan yaitu f
hitung
> t
tabel
> f
tabel
(11,284
> 3,737). Dari
perhitungan nilai R square kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan
varians dari variabel terikat adalah sebesar 63,5%, yang artinya terdapat 36,5%
varians variabel terikat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.