Abstract :
Peningkatan jumlah pengunjung toko online Shopee dan telah menggeser toko online
lainnya serta menempati peringkat pertama sebelumnya dan menjadi penguasa pasar
elektronik Indonesia dengan cangkupan pasar sebesar 71% dibandingkan dengan
kompetitor lainnya. Terutama di masa pandemi covid-19 sangat layak jika peningkatan
jumlah pengunjung shopee mengalami peningkatan yang cukup tinggi, karena
kebutuhan hidup semakin meningkat dan akan selalu bertambah setiap harinya namun
tidak dapat melakukan perbelanjaan secara offline, sehingga berbelanja secara online
menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi setiap kebutuhan dan keinginan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni explanatory survey. Metode
explanatory survey digunakan untuk memprediksi dan menjelaskan hubungan atau
pengaruh dari suatu variabel ke variabel lainnya .Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh promosi (X1), kemudahan (X2), harga (X3) dan kenyamanan (X4) terhadap
keputusan pembelian (Y) pada toko online Shopee.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi dan harga tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian . Sedangkan kemudahan dan kenyamanan
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.