Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan menganalisis pengaruh
penggunaan media sosial terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan
menengah (UMKM). Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Purwoasri Kecamatan
Metro Utara Kota Metro, dengan responden berjumlah 45 UMKM.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif (mix method) dengan
metode sampel sensus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
pengumpulan data menggunakan angket kuesioner, sedangkan teknik analisis
dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda melalui uji parsial t dan
uji simultan f serta koefisien determinan (R2).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) sarana komunikasi terhadap pengembangan UMKM di Kelurahan Purwoasri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, dari hasil uji t mendapatkan nilai sebesar t hitung 3,197 > t2,019. (2) sarana promosi terhadap pengembangan UMKM di Kelurahan Purwoasri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, dari hasil uji t mendapatkan nilai sebesar t hitung 3,197 > t2,019. (3) sarana riset terhadap pengembangan UMKM di Kelurahan Purwoasri memiliki pengaruh yang positif dan signifikan, dari hasil uji t mendapatkan nilai sebesar t tabel hitung 3,868 > ttabel 2,019.