Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui kevalidan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Soal High Order Thingking Skill (HOTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Metro. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. LKPD ini dilengkapi dengan soal-soal berbasis HOTS. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh
persentase 85,09%, ahli media diperoleh persentase 88,40% dan ahli bahasa diperoleh persentase 86% dan ketiganya termasuk ke dalam kategori sangat valid. Penilaian kepraktisan dengan menggunakan angket respon siswa
termasuk dalam kategori valid. Hasil penilaian bahan ajar keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD bermuatan HOTS pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII sangat valid dan praktis serta dapat digunakan dalam pembelajaran.