Abstract :
Ditengah ketatnya persaingan bisnis jasa layanan transportasi online,
menjadi krusial bagi Grab untuk dapat mewujudkan customer satisfaction
(kepuasan konsumen). Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi customer
satisfaction diantaranya adalah adalah e-service quality, trust dan customer
perceived value.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh e-service quality, trust dan
customer perceived value terhadap customer satisfaction pada model
transportasi Grab di Kota Metro. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan objek
penelitian adalah e-service quality, trust, customer perceived value dan customer
satisfaction. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengguna transportasi
online Grab di Kota Metro dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan studi kepustakaan. Alat
analisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh
positif dan signifikan e-service quality terhadap customer satisfaction pada
transportasi online Grab di Kota Metro, terdapat pengaruh positif dan signifikan
trust terhadap customer satisfaction pada transportasi online Grab di Kota Metro,
dan terdapat pengaruh positif dan signifikan trust terhadap customer satisfaction
pada transportasi online Grab di Kota Metro. Secara simultan terdapat pengaruh
positif dan signifikan e-service quality, trust dan customer perceived value secara
simultan terhadap customer satisfaction pada transportasi online Grab di Kota
Metro.