Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul pembelajaran fisika materi gelombang bunyi untuk SMA dan mengetahui kelayakan dan kemenarikan serta kelebihan dan kekurangan dari e-modul yang dikembangkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseach and Devlopment (R&D)dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis (analyze), desain (design), pengembangan (deveploment), Implementasi (Implementation), dan evaluasi (evaluation). Validasi e-modul terdiri dari ahli materi dan ahli media masing-masung ahli terdiri dari 3 validator dan uji coba terbatas kepada 15 peserta didik kelas XI.
E-modul dikembangkan menggunakan software Indesign, Flip PDF, dan website to apk builder dengan produk akhir berupa aplikasi e-modul yang dapat digunakan pada android. Dari hasil validasi e-modul oleh ahli materi yang terdiri
dari aspek self intuction, self contained, adaptive, stand alone, dan user friendly diperoleh nilai presentase sebesar 85,3% dan ahli media yang terdiri dari aspek daya tarik, tampilan, dan pemogramman diperoleh nilai presentase sebesar 84% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil uji coba terbatas oleh peserta didik diperoleh nilai presentase sebesar 81,2% dengan kategori sangat menarik.
Kelebihan dari e-modul yang telah dikembangkan yaitu, tampilan e-modul menarik, dilengkapi dengan gambar, animasi, audio dan video, soal pilihan ganda dapat dijawab secara langsung dan menampilkan hasilnya, dilengkapi
dengan kegiatan percobaan melalui phet simulation, kemudahan dalam pengoperasian e-modul dengan dilengkapi petunjuk penggunaan, dapat dibuka diberbagai jenis android. Adapun kekurangan e-modul yang dikembangkan yaitu, Ukuran aplikasi e-modul terlalu besar, membutuhkan jaringan yang bagus untuk
mengunduh aplikasi e-modul, video hanya dapat diputar secara online melalui link youtube, setelah membuka phet simulation posisi e-modul tidak dapat kembali keposisi halaman yang sama, suara pada video kurang jelas, soal latihan beupa esay tidak dapat dijawab langsung