Abstract :
Biogas merupakan bahan bakar alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan
bahan bakar fosil yang merupakan sumber energi tak terbarukan dan ketersediaan semakin
berkurang. Penggunaan biogas sebagai bahan bakar motor bensin dapat dilakukan dengan
menggunakan sistem dual fuel (Pertamax-Biogas). Proses pembakaran pada motor bakar
bensin dengan sistem dual fuel dipengaruhi oleh temperatur biogas dan waktu penyalaan pada
sistem pengapian. Proses pembakaran pada motor bakar bensin akan berpengaruh terhadap
kinerja kinerja yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
temperatur biogas dan waktu penyalaan terhdapat kinerja mesin sepeda motor dengan sistem
dual fuel (Pertamax-Biogas). Metode yang digunakan pada penelitian adalah penelitian
eksperimental dengan pengujian kinerja mesin sepeda motor menggunakan sistem dual fuel
(Pertamax-Biogas) menggunakan variasi temperatur bahan bakar 30°, 40° dan 50 °C dan
variasi waktu penyalaan 11°, 13° dan 15° sebelum TMA. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa temperatur biogas dan waktu penyalaan berpengaruh terhadap kinerja
motor. Daya tertingi diperoleh dengan variasi temperatur biogas 40°C dan waktu penyalaan
15° sebelum TMA, sedangkan konsumsi bahan bakar spesifik terbaik diperoleh pada variasi
temperatur biogas 50°C dan waktu penyalaan 15° sebelum TMA.