Abstract :
Media pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam
pelaksanaan pembelajaran karena dapat membantu guru dalam menyampaikan bahan pelajaran kepada peserta didik. Media pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber belajar seperti buku cetak
dan sangat jarang memanfaatkan gadget untuk searching sebagai sumber belajarnya. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran prezi terintegrasi nilai-nilai islam pada materi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi SMA Muhammadiyah 2 Metro yang valid dan praktis Metode pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Proses untuk mengembangkan media pembelajaran prezi terintegrasi nilai-nilai islam diawali dengan tahap validasi oleh 2 ahli media, 1 ahli agama islam dan ahli materi. Media pembelajaran prezi terintegrasi nilai-nilai islam juga diujicobakan kepada
kelompok kecil untuk melihat respon peserta didik kelas X. Hasil validasi ahli media I memperoleh persentase 85,8% dengan kriteria sangat kuat. Hasil validasi ahli media II memperoleh persentase 80,0% dengan kriteria kuat. Hasil
validasi oleh ahli agama islam memperoleh persentase 97,0% dengan kriteria sangat kuat. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase 89% dengan kriteria sangat kuat. Sedangkan untuk hasil uji coba produk dilakukan secara
daring dengan kelompok kecil yaitu 10 orang dari 20 peserta didik memperoleh persentase 92% termasuk dalam kriteria sangat kuat. Berdasarkan presentase yang diperoleh maka media pembelajaran prezi terintegrasi nilai-nilai islam
dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.