Abstract :
Penggunaan listrik memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan. listrik menjadi kebutuhan yang mendasar bahkan listrik telah menjadi sumber energi utama dalam setiap aktivitas. Setiap konsumen memiliki keinginan
dan kepuasan yang berbeda-beda terhadap pelayanan listrik prabayar dan pan pascabayar, sehingga perusahaan dapat memberikan kualitas produk sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana kepuasan konsumen terhadap pelayanan listrik prabayar dan pasca bayar di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis
penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case studies). Sampel penelitian ini berjumlah 15 narasumber. Pengumpulan data dengan observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan
triangulasi data dan triangulasi metode. Tahap penelitian meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa dari 15 orang yang diwawancarai dapat disimpulkan bahwa Pelanggan listrik prabayar dan pascabayar yang merasa puas ada 9 orang sedangkan pelanggan listrik prabayar dan pascabayar yang merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PLN ada 6 orang, sehingga persentase mengenai kepuasan
pelanggan listrik prabayar dan pascabayar didapat sebesar 60% yang merasa puas dan sebesar 40% pelanggan listrik yang merasa tidak puas.