Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif layanan bimbingan kelompok terhadap Persiapan Pentingya dunia kerja pada peserta didik di SMK Kartika MetroTahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan untuk meningkatkan persiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari
9 orang peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket, dan analisis data menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan persiapan memasuki dunia kerja peserta didik yang dibuktikan
dengan rata-rata skor angket pada pretest sebesar 44,7 dan skor postes sebesar 59,1. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap
kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik di SMK Kartikatama Metro.
Hasil analisis yang menunjukkan bahwa t hitung > t yaitu 9,683 > 2,306 yang menjadikan H 0 tabel ditolak. Hal ini berarti bahwa jika layanan bimbingan kelompok ditingkatkan maka kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik akan
meningkat menjadi lebik maksimal.